Sesi Obrolan Bersama Crimson Diary Mengenai Album Terbaru

Crimsion Diary telah memberikan ultimatum akan melahirkan album penuh kedua mereka. Unit alternatif rock dari kota Malang yang dibentuk pada tahun 2009 ini berencana akan memberikan banyak kejutan di album keduanya nanti. Apa saja kejutannya? Angsaruka berkesempatan berbincang santai mengenai album kedua Crimson Diary.

Simak obrolan kami dengan Crimson Diary…

 

Halo Crimson Diary, bagaimana perasaan kalian ketika album kedua akhirnya akan resmi dirilis?

Perasaannya senang,bahagia,dan lega.karena rencana rilis sebenarnya sudah tahun lalu,karena banyak kendala yang selalu di jadikan ‘kambing hitam’ adalah UANG. (tertawa)

Apa judul album kedua kalian nantinya? Kapan album kedua ini secara resmi akan kalian rilis?

Klo nama albumnya sama seperti nama band kita “CRIMSONDIARY” (diary of crimson). Secara resmi rilis tanyakan pada manager terbaru kami yg berambut panjang dan kece yaitu sang RUANGLUKA. (tertawa)

Secara keseluruhan materi dalam album kedua nanti menceritakan tentang apa?

konsep album kedua seperti buku diary. Bercerita tentang impian, harapan,curhatan, makian, pemilik buku tersebut. Mungkin kalo jaman sekarang buku diari itu seperti facebook.

Untuk divisi pembuatan lirik, kabarnya ada beberapa lagu yang memang liriknya dibuat oleh orang-orang terdekat?  Siapa saja, lagu apa saja, dan lagu tersebut menceritakan tentang apa?

Iya benar. Jadi disetiap lagu lirik ditulis oleh orang yang berbeda dengan curhatan mereka masing-masing.yang menulis lirik yaitu kami berempat (Crimsondiary) dengan harapan dan mimpi-mimpi kami, Mbak Dyah (Misty Night) dengan kemurungannya, Fachmi (Angsa Hitam) dengan perjalanan asmaranya ,Chandra (Paradigma) dengan perjuangannya melawan sakit, jadi setiap lagu dan lirik mempunyai makna tersendiri bagi penulis liriknya

Apakah ada alasan tersendiri dibalik Crimson Diary berkolaborasi dengan orang-orang terdekat dalam urusan pembuatan lirik pada beberapa materi lagu? Jika ada, boleh kami tahu alasannya?

Sebenarnya alasannya sederharna, mungkin karena konsep awal adalah buku diari dan tidak  hanya dari personil saja, jadi kami sepakat untuk melibatkan orang-orang terdekat.

Kami masih ingat ketika launching album Senja di Houtenhand kalian menutup penampilan malam itu dengan membawakan materi berjudul “Akhiran” yang menjadi bagian materi di album kedua nanti. Sebenarnya sejak kapan kalian sudah mempersiapkan atau mengerjakan materi-materi untuk album kedua ini ?

Jadi gini sebenarnya beberapa materi lagu sudah ada pada saat launching album pertama (2014), karena penggarapan album pertama juga molor 1 tahun dari yang diharapkan. Untuk penggarapan album kedua ini pun  beberapa lagu harus ganti lirik, bahkan ada satu lagu yang saya (Bill) bikin pada tahun 2004 sebelum masehi berjudul “Tiada Lagi Mimpi Buruk”

Selain pembuatan lirik, apaka ada kolaborasi bersama rekan-rekan musisi pada materi album kedua nanti? Jika ada, dengan siapa saja? dan pada materi lagu apa?

Crimson berkolaborasi dengan 2 musisi handal seperjuangan kota malang yaitu Kidnep (Flanella) di lagu “Paradigma” untuk mengisi vokal, dan Norman (C4) untuk mengisi kaospad di lagu “Misty Night”.

Selain orang-orang terdekat dan rekan-rekan musisi, adakah pihak lain yang membantu proses penggarapan album kedua Crimson Diary? Seperti proses rekaman, mixing, mastering, atau artwork ?

Recording kami garap di Ositok Studio operator oleh Ony (TheMorning After), mixing dan mastering oleh Bambie (TheMorning After). Kalo artwork seluruhnya kami percayakan pada gitaris sapujagad kami Siklum Huda, dan sedikit coret-coret dari mba Dyah dan Freya.

Menyinggung mengenai musik Crimson Diary, apakah ada musisi atau kelompok musik yang menginspirasi kalian dalam menciptakan musik terutama untuk album kedua ini?

Tidak ada, …ide – ide bermunculan dan semua mengalir aja.

Seperti halnya album Senja, pada album kedua ini Crimson Diary masih mempertahankan banyak porsi lagu dengan penggunaan lirik bahasa Indonesia. Kenapa?

Karena kami hidup di Indonesia, berbahasa satu yaitu bahasa Indonesia.

Beberapa waktu lalu Crimson Diary mengunggah gambar buku dengan tulisan “Coming Soon CD in Book, Album Crimson Diary #2”. Ceritakan sedikit mengenai bagaimana packaging album kedua Crimson Diary nanti…

Ceritain engga ya?…Jadi nanti kemasannya adalah berbentuk buku diary, didalamnya ada lirik yang ditulis tangan, setiap lirik mempunyai artwork berbeda, dan tersedia banyak halaman kosong untuk kalian tulis sendiri. (tertawa)

Apakah ada perbedaan mengenai album kedua ini dengan album pertama Senja? Entah dari segi proses penggarapan, musik, atau lainnya…

Sangat berbeda sekali, ini adalah album tergelap Crimson Diary. Semua perasaan tertuang disini, kami berusaha di setiap detail untuk terlihat sempurna, walau tidak ada yang bisa sempurna.

Rencana apa yang sedang kalian persiapkan setelah album kedua nanti resmi dirilis?

Kita akan tour ke beberapa kota, kemudian launching album ke dua di tempat yang saya juga belum tau dimana, dan mempersiapkan album ke 3.

Adakah pesan-pesan khusus yang ingin disampaikan untuk para pendengar album kedua Crimson Diary nanti?

Fokuslah pada apa yang diyakini, hanya dengan fokus, kegagalan hanyalah sebuah rintangan yang biasa…asheeeeeekkkkkkkk. (tertawa)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s