Crimson Diary Resmi Luncurkan Album Terbaru Dengan Konsep Diary

Hari ini (1/12) unit alternatif rock asal kota Malang, Crimson Diary resmi meluncurkan album kedua mereka bertajuk Crimson Diary. Bersama Barongsai Records sebagai pihak distribusi yang juga sebelumnya membidani lahirnya album Senja, album terbaru Crimson Diary ini memiliki konsep yang unik dan kemasan album yang menarik.

“Semua perasaan tertuang disini dan kami berusaha memperhatikan setiap detail untuk terlihat sempurna tanpa meninggalkan kesan sound alternatif 90an yang sudah menjadi ciri khas musik Crimson Diary” ungkap Bill, vokal sekaligus gitaris Crimson Diary.

Album Crimson Diary berisi 10 lagu dimana sebagian materi sudah mereka kerjakan ketika album pertama diluncurkan pada tahun 2014 silam. Termasuk salah satu materi berjudul “Tiada Lagi Mimpi Buruk” yang dibuat oleh Bill pada tahun 2004 juga turut disertakan menjadi bagian pada album kedua ini setelah mengalami berbagai proses pembedahan lirik.

Beberapa rekan musisi juga turut dilibatkan untuk membantu mengisi part musik di beberapa lagu. Seperti Kidnep (Flanella) yang mengisi vokal pada materi berjudul “Paradigma” dan Norman (C4) yang menciptakan suara KAOSS Pad pada materi “Misty Night”.

Mengenai konsep pada album terbarunya ini, Bill mengungkapkan “konsep album kedua ini kami buat seperti buku diary, merujuk nama band kami Crimson Diary (diary of crimson) yang di dalamnya berisi mengenai impian, harapan, curhatan perasaan, hingga masalah yang sedang dialami pemilik buku diary tersebut”

Album ini terasa lebih spesial karena melibatkan orang-orang terdekat Crimson Diary untuk berbagi dan menuangkan curahan hatinya berdasarkan kisah nyata yang pernah dialaminya yang kemudian mereka tuangkan dalam bentuk lirik.

Seperti Dyah yang merupakan istri dari gitaris Crimson Diary, Muklis Huda, mempersembahkan lirik lagu “Misty Night” dengan kisah kemuramannya. Kemudian dua kerabat Crimson Diary lainnya yakni Fachmi yang menumpahkan kisah asmaranya pada lirik “Angsa Hitam” dan Chandra yang berbagi cerita perjuangannya melawan sakit pada lirik lagu “Paradigma”.

Selain dari segi musik, album terbaru Crimson Diary ini juga lebih menarik untuk dilihat dari segi packaging. Pasalnya CD yang berisi 10 materi nantinya akan dikemas dalam bentuk buku yang menyerupai buku diary.

Layaknya sebuah buku harian atau diary, nantinya di dalam album Crimson Diary juga terdapat beberapa lembar kertas yang berisi lirik dan selebihnya memang sengaja dibiarkan kosong.

“Selain mendengarkan materi terbaru Crimson Diary, kami ingin mengajak para pendengar album Crimson Diary turut berbagi menuangkan kisah kesehariannya dan sejenak mengulang kembali romantisme menulis diary pada secarik kertas yang perlahan sudah mulai ditinggalkan” ujar Bill.

Beberapa artwork juga tersaji di dalamnya untuk mempresentasikan lirik lagu melalui visual. Hampir keseluruhan artwork dikerjakan oleh gitaris Crimson Diary, Muklis Huda, termasuk juga hasil kolaborasi artwork dengan sang istri, Dyah dan buah hati dari Bill bernama Freya.

Band yang beranggotakan Bill Walessa (Vokal & Gitar), Muklis Huda (Gitar), Agung ‘Bampho’ (Bass), dan Dyan (Drum) ini berencana akan melakukan serangkaian tour di beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang kemudian dilanjutkan dengan pesta peuncuran album di kota Malang.

“Semoga kisah yang tertuang pada album ini bisa menjadi motifasi dan mampu memberikan energi positif untuk pendengarnya” tutup Bill  yang juga pernah menjadi bagian dari band bernama Hectic.

Tracklist :

  1. Awalan
  2. Freja
  3. Higher Place
  4. Fade Away
  5. Angsa Hitam
  6. Paradigma
  7. Misty Night
  8. Bumi
  9. Tiada Lagi
  10. Akhiran
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s