Babirusa Lepas Debut EP Hymne Puja Belantara

Unit thrash metal anyar dari kota Malang, Babirusa, akhirnya resmi merilis debut EP mereka Hymne Puja Belantara pada (18/12). Debut EP yang dikemas dalam format tape ini dirilis bersama label dari kota Malang, Tarung Records. Berbicara mengenai musik thrash tentu pasti tidak bisa melepaskan atribut riff cepat, padat, dan menghenentak. Namun ada semangat lain yang ingin ditunjukkan Babirusa melalui Hymne Puja Belantara, yakni dari segi artwork.

Belakangan ini khusunya di kota Malang memang muncul beberapa band pengusung thrash metal yang mampu mencuri perhatian. Tidak hanya dari sisi musik, artwork  yang mereka presentasikan pun tidak kalah menarik. Unsur dari komik hingga film sci-fi kerap menjadi bagian dari band, dimulai dari artwork hingga lirik yang ternyata telah melekat di kultur musik thrash metal. Seakan ingin membangiktkan gairah tersebut, Babirusa juga memasukkan dua unsur tersebut ke dalam EP Hymne Puja Belantara.

Mengenai penggarapan artwork, Babirusa berkolaborasi dengan seniman lokal Antok Siwar dan Awil Tone yang menorehkan gambar di covernya. Mempermanis penampilan, layout dan pewarnaan dikerjakan oleh Tarungraph yang merupakan sub divisi dari Tarung Records.

Hymne Puja Belantara berisi mengenai sebuah cerita non fiksi tentang sebuah planet bernama Aratnasun dengan segala polemik kehidupan yang terjadi. “Setiap lagu di EP ini adalah perwakilan dari belantara yang dihuni oleh makhluk imajiner rekayasa kami yang menyerupai binatang dari Sulawesi, Babirusa, yang kami pilih sebagai nama band” ujar Babirusa melalui siaran pers.

Keluhan akan rutinitas, penipuan atau penyesatan berdalih ajaran spiritual, penyetaraan kelas, kejengahan dan kemarahan yang bermetamorfosis menjadi kaum outlaws, hingga kekacauan yang berujung perang semuanya tertulis secara lugas dan terangkum pada 6 lagu.

“ini merupakan sebuah pembuka dari cerita planet Aratnasun yang bakal terus dikembangkan pada EP atau album berikutnya nanti” lanjut Babirusa.

Sebelumnya pada akhir November, Babirusa telah merilis split tape dengan band death thrash asal Kuala Lumpur, Malaysia bernama Desecrate A.D. Split ini dirilis terbatas oleh label asal Malaysia, DE//AD Records dan didistribusikan di Malaysia, Indonesia dan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s