Megatruh

Megatruh adalah unit noise rock dari kota Malang yang dibentuk pada pertengahan 2013. Kidung Swara Mahardika adalah orang yang paling bertanggung jawab atas lahirnya Megatruh. Megatruh resmi berformat band ketika masuknya bassist Nanda Gupar (Downtown Terpedoes), kemudian Hilmo dan Bayu ‘Gembur’.

2014 – 2015

Acara monumental bertajuk Telepop edisi ke 6 digelar pada bulan November tahun 2013. Pada acara tersebut pula secara resmi Megatruh pertama kalinya mempresentasikan karya, performa, dan identitas musik mereka di hadapan publik.

Pada 15 Oktober 2014 single “Annelies” milik Megatruh terpilih dalam Music Alliance Pact bersama 21 negara lainnya. Music Alliance Pact atau yang biasa disingkat MAP, merupakan sebuah kolaborasi dari blog-blog musik dari 34 negara dimana masing-masing negara mengkurasi satu lagu baru potensial yang kemudian disertakan dalam sebuah kompilasi.

Megatruh melakoni kolaborasi tur ke beberapa kota di Jawa Timur bersama Young Savages dan FRANK! bertajuk Aku Lagi Tour dan menghasilkan kompilasi bertajuk Aku Lagi Kompilasi. Momen ini juga menandai bergabungnya Bagas Yudhiswa (Dracula Omnivora, Beeswax) menjadi gitaris Megatruh.

Penghujung tahun 2014 melalui akun soundcloud-nya Megatruh mengunggah single berjudul “Wahana Bumi Megatruh” dimana pada lagu ini mereka berkolaborasi dengan Arief Rachman dan Lintang Aulia.

Bekerja sama dengan Inline Merch, Megatruh meluncurkan video pendek yang  dirilis secara fisik. Video berdurasi 15 menit tersebut berisi  wawancara dengan personil Megatruh sekaligus memperkenalkan single terbaru berjudul “Jaring” yang dibawakan secara live.

Pada bulan Oktober 2015 dua personil Megatruh, Hilmo dan Bayu “Gembur” memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari Megatruh. Beberapa hari setelahnya, Megatruh merilis materi berjudul “Awarima” yang direkam secara live di AA Studio.

Bertepatan dengan pergelaran Malang Cassette Store Day 2015, Megatruh merilis debut album pendek secara militan dalam bentuk CD dan kaset pada 17 November 2015. Dalam EP tersebut Megatruh mengenalkan empat lagu diantaranya “Safari Romansa Dua Betina”, “Jaring”, “Annelies”, dan “Awarma”.

 2016 – 2017

Awal tahun 2016 Megatruh merilis ulang Karnaval Nokturnal dalam medium kaset bersama label dan jaringan distribusi rilisan bernama Nadapita.

26 Februari 2016, Megatruh menjadi line up acara bertajuk Houtenhaunt besama Take This Life, Pronks, Kaveman, dan Sigmun di God Bless 2, Malang. Malam itu penampilan Megatruh berhasil memukau seluruh penonton termasuk ketika mebawakan salah satu lagu milik Homicide berjudul “Sajak Suara”.

Megatruh kembali muncul dalam diam di hari raya para konsumen rilisan fisik. Kali ini tepat pada perhelatan Malang Records Store Day 2016, Megatruh meluncurkan single terbaru mereka berjudul “Lokakarya Lupa” yang dirilis dalam jumlah terbatas dan dirilis secara mandiri dalam bentuk CD.

Butuh waktu sekitar 2 tahun untuk menggelar kembali acara Telepop yang jatuh pada edisi ke tujuh, tepatnya pada 28 Mei 2016. Jika di acara Telepop edisi enam Megatruh menjadi penampil pembuka, kini di Telepop edisi tujuh Megatruh dipercaya tampil di puncak acara. Hal tersebut juga dimanfaatkan Megatruh untuk mengenalkan personil terbaru mereka yakni Ken pada gitar. Selain itu Megatruh juga membawakan single terbaru mereka berjudul “Kurang Dari Tiga”.

Diskografi ;

Karnaval Nokturnal , Januari 2016  w/ Nadapita Records.

Singles ;

Wahana Bumi Megatruh, Desember 2014.

Lokakarya Lupa, November 2016.

Jaring

Sunyi

Anggota ;

Kidung Swara – Vokal

Nanda Eka Chandra – Bass

Bagas Yudhiswa – Gitar

Ken Baruna – Gitar

Bayu Gembur – Gitar (2013 – 2015)

Hilmo – Drum (2103 – 2015)

Kompilasi ;

Aku Lagi Kompilasi

Situs Resmi ; 

Megatruh

Sumber Referensi ; 

“Music Alliance Pact October 2014”. Deathrockstar. 2014

Megatruh Wakili Indonesia di Music Alliance Pact” & “Megatruh Kembali Dengan ‘Karnaval Nokturnal‘”. Kanaltigapuluh. 2014 &2015.

Nada dari sisi Timur Pulau Jawa (Nama-nama yang Patut Dicermati dari Malang dan Surabaya)“. Whiteboard Journal. 2015.

Video Highlights | TELEPOP # 6. Arkamaya Images. 2013.

VIDEO HIGHLIGHTS | TELEPOP#7 #TELEPOPVISION. Denny Yanuar. 2016.

Kilas Balik Acara Telepop Edisi 7. LYT Media. 2016.

Megatruh – Kurang Dari 3 (Live). Visual Report. 2016.

Mereka Lagi Kompilasi, Mereka Lagi Tour. Sesikopipait. 2014.

Zine: Aku Lagi Kompilasi. 2014.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s