Much

Much dibentuk oleh sepasang kekasih bernama Dandy Gilang (Write The Future) dan Aulia Anggia. Mengusung musik indie rock dengan aroma emo dan pop punk ’90-an. Layaknya muda-mudi pada umumnya, musik dan lirik di setiap materi Much mengandung kisah manis hingga gelisah para remaja mengenai cerita kehidupan, identitas, dan tentunya cinta.

2014 – 2015

Menuju berakhirnya tahun 2014, Much diam-diam telah mengunggah dua single berjudul “Singled Out” dan “Carried Away” melalui akun soundcloud mereka. Disusul dengan kabar dari akun instagram pribadi Aulia Anggia dimana dirinya mengunggah foto perempuan berbalut jas hujan berwarna kuning dengan bertopengkan bunga matahari beserta caption yang mengumumkan jika Much akan segera merilis mini album bersama label anyar bernama Haum Entertainment.

Membenarkan kabar tersebut, pihak Haum Entertainment kemudian mengunggah teaser EP bertajuk Closest Things I Can Relate To pada 30 Januari 2015. Saat itu debut EP Much tercatat merupakan rilisan ke-4 dari Haum Entertainment setelah sebelumnya telah berhasil merilis album dari band Write The Future, Lemah Syahwat, 4 Fingers Down, dan Beeswax.

Kabar Much kembali muncul di awal bulan Februari 2015. Kini melalui Haum  Entertainment dan Inline Projects, mereka berdua mengumumkan akan berkolaborasi dalam perilisan rilisan musik dan merchandise dari Much yang akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Much akhirnya muncul pertama kalinya dihadapan publik pada 14 Februari 2015 ketika mereka diundang menjadi penampil di  salah satu records store anyar kota Malang bernama Reka Records. Saat itu mereka tampil berdua dan hanya berbekal gitar akustik yang dimainkan oleh Dandy.

Bertepatan Malang Records Store Day 2015 yang digelar pada bulan April di Reka Records, Haum Entertainment mengumumkan perilisan debut EP Closest Things I Can Relate To. Berisi 6 tracks yang hampir semua instrumennya dikerjakan dan direkam oleh seorang Dandy Gilang di dalam kamarnya.

Berbagai respon positif mulai beradatangan, debut EP Closest Things I Can Relate To menuai banyak pujian hingga banyak yang menasbihkan jika materi Much begitu relevan untuk menjadi soundtrack kisah remaja seusia Anggi dan Gilang.

Tidak banyak yang mengetahui jika pada 11 Mei 2015, Much kembali merilis dua materi terbaru mereka bersama netlabel Yes No Wave. Bertajuk Residues, EP yang berisi dua track berjudul “Available” dan “Count Me Out” memiliki banyak tenaga dan kecepatan dalam segi tempo.

Kerja sama yang sebelumnya terjalin antara Much dengan Haum Entertainment dan juga Inline Merch ternyata berujung manis. Owner dari Haum dan juga Inline ternyata masuk menjadi bagian Much untuk mengisi posisi bass dan gitar, mereka adalah Vino (Bangkit Melawan) & Risang (Write The Future, Lights Out, Kobra). Bahkan salah satu pemilik records store Reka Records (tempat dimana pertama kali Much tampil dihadapan publik), Pandu (Stay Funny), dipercaya mengisi posisi drum.

Much diperkenalkan sebagai sebuah band yang utuh dengan personil lengkap ketika pada 13 September 2015 mereka dipercaya oleh Reka Records untuk kembali tampil di acara bertajuk Reka Records Closing Party bersama No Man’s Land, Self Revolution, Becuz, Jenar, dan Iksan Skuter. Saat itu Reka Records dengan berat hati memutuskan untuk menutup gerainya.

Bertepatan Malang Cassette Store Day 2015, EP Closest Things I Can Relate kembali dicetak ulang dalam medium kaset (Deluxe Edition) oleh Haum Entertainment pada bulan Oktober 2015.

2016- 2017

Tahun 2016 menjadi tahun yang menyenangkan bagi Much. Berbagai tawaran panggung mulai berdatangan, ulasan dari beberapa media nasional hingga mancanegara datang dengan banyak pujian. Much mengawali tahun 2016 dengan merilis perform acoustic live di salah satu program Sub Of Asia Sessions milik kanal media Sub Of Asia. Dalam program tersebut Much membawakan dua lagu versi akustik, diantaranya adalah single “Carried Away” dan lagu cover “Archie, Marry Me” milik Alvvays.

Beberapa hari setelahnya, kolaborasi Much dan Sub Of Asia berlanjut dengan meluncurkan single terbaru yang dikemas dalam video klip berjudul “Break Heart, Break Apart”. Single tersebut dikabarkan akan menjadi salah satu materi pada calon album mereka yang akan datang dan masih akan dirilis dibawah bendera label Haum Entertainment.

Masuknya tiga personil baru nampaknya juga menambah suntikan tenaga dan semangat baru bagi Dandy juga Anggi.  Selain aransemen musik yang terdengar jauh lebih segar, Tidak butuh waktu lama bagi Much untuk membagikan kabar jika album baru akan segera dilahirkan.

Pada penghujung tahun 2016, Much kembali merilis single kedua mereka berjudul “Uneven” melalui akun soundcloud mereka. Kemudian pada puncak bulan Desember 2016, Much merilis video klip “Uneven” yang dikemas secara menarik sebagai bekal perayaan pesta tahun baru.

Diskografi:

EP;

Closest Things I Can Relate, 2015 (CD & Cassette) via Haum Entertainment.

Residues, 2015 (Netlabel) via Yes No Wave.

Singles;

Singled Out. 2015.

Carried Away. 2015.

Break Heart, Break Apart. 2016.

Uneven. 2016.

Anggota:

Dandy Gilang – Gitar & Vokal

Aulia Anggia – Vokal

Risang Candrasa – Gitar

Vino – Bass

Pandu – Drum

 

 

Sumber Referensi :

MUCH “Residues”. Netlabel Yes No Wave. 2015.

Much, Unit Indie Rock Pendatang Baru Kota Malang. Kanaltigapuluh. 2015.

SUB OF ASIA SESSIONS : MUCH PERFORM LIVE ACOUSTIC. Sub Of Asia. 2016.

EXCLUSIVE : MUCH PREMIERE NEW MUSIC VIDEO FOR “BREAK HEART, BREAK APART”. Sub Of Asia. 2016.

Duo Indie Rock Malang, Much, Merilis Single Baru. Rolling Stones. 2016.

Scene N’ Heard: Malang. Majalah Rolling Stones Edisi 137. 2016

Arsip Haum Entertainment

Ironi Dalam Kepingan Indie Rock Milik Much. Backstage Whisp. 2016

Kejutan Menyenangkan Dari Much Untuk Modal Perayaan Pesta Malam Tahun Baru. LYT Media. 2016.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s