Babirusa

Dengan empat cula yang tajam dan wajah menyeramkan, Babirusa menjadi salah satu hewan langka asal Sulawesi yang paling ditakuti. Namun berbeda halnya dengan Babirusa asal kota Malang. Mereka adalah empat pria yang siap menghajar telinga siapa saja dengan distorsi dan riff-riff musik thrash metal.

Babirusa merupakan gabungan personil dari beberapa band kota Malang seperti Shadowfax, Death Of President, Feels Like Holiday, dan Neurosesick. Proyek ini sejatinya sudah dibentuk sejak lama, namun karena terbentur berbagai kendala barulah Babirusa muncul di pertengahan tahun 2016 dengan single berjudul “Pesta Pora Babirusa”.

2016 – 2017

Pada awal bulan Juni 2016, Babirusa meluncurkan debut single berjudul “Pesta Pora Babirusa”. Debut single yang menceritakan tentang kerinduan untuk melupakan rutinitas harian bersama kawan di akhir pekan.

Beberapa hari setelah diluncurkannya “Pesta Pora Babirusa”, Babirusa mengumumkan dua kabar sekaligus. Pertama, kabar mengenai berjalannya proses untuk merampungkan debut mini album bertajuk Hymne Puja Belantara yang akan dirilis oleh label Tarung Records.

Kedua, kabar mengenai split tape dengan unit thrash metal/death metal asal Malaysia, Desecrate A.D. Split tape ini dirilis oleh label asal Malaysia, DE/A.D Records. EP Hymne Puja Belantara dan split tape rencananya akan sama-sama dirilis dalam format kaset pita.

22 Juni 2016 melalui akun instagram Babirusa, mereka membocorkan kolaborasi dengan Iwan Ruby dari  Primitive Chimpanze yang menyumbangkan riff gitar untuk salah satu materi di EP Hymne Puja Belantara. Tepat sebulan setelahnya giliran seorang jurnalis musik wanita bernama Dewi Ratna yang dikabarkan akan menyumbagkan suaranya di beberapa part lagu berjudul “Senjata Pemusnah Massal”.

Akhir bulan Agustus 2016, Babirusa meluncurkan single kedua mereka berjudul “Liturgi Penyesatan”. Menunggu rampungnya proses produksi, Babirusa disibukkan dengan rangkaian acara mulai dalam hingga luar kota. Kemudian pada bulan September, Babirusa meluncurkan video klip untuk debut single “Pesta Pora Babirusa” yang dibuat oleh Dewi Ratna.

Kabar baik datang dari Malaysia pada bulan November 2016 melalui label DE/A.D Records. Split tape dengan Descecrate A.D telah selesai diproduksi. EP Hymne Puja Belantara juga akhirnya terealisasikan pada pertengahan bulan Desember 2016 dengan artwork yang terinsiprasi dari komik hingga film sci-fi. Seluruh artwork dikerjakan oleh dua seniman lokal Antok Siwar dan Awil  Tone.

Hymne Puja Belantara berisi mengenai sebuah cerita non fiksi tentang sebuah planet bernama Aratnasun dengan segala polemik kehidupan yang terjadi. Keluhan akan rutinitas, penipuan atau penyesatan berdalih ajaran spiritual, penyetaraan kelas, kejengahan dan kemarahan yang bermetamorfosis menjadi kaum outlaws, hingga kekacauan yang berujung perang semuanya terangkum secara lugas pada 6 lagu di EP Hymne Puja Belantara.

Awal tahun 2017 Babirusa langsung melakoni tur untuk mempromosikan EP Hymne Puja Belantara menuju beberapa titik kota di Jawa Timur bertajuk Hymne Puja Belantara East Java Tour.

Diskografi:

EP;

Hymne Puja Belantara, 2016. Via Tarung Records (Cassette)

Singles;

Pesta Pora Babirusa, 2016.

Liturgi Penyesatan, 2016.

Split;

w/ Desecrate A.D (Malaysia), 2016. Via DE/AD Records (Cassette)

Anggota:

Fajar – Vokal

Krisna – Gitar

James – Drum

Ronny – Bass

 

Sumber Referensi:

Pesta Pora Bareng Babirusa, Squad Ranah Thrash Metal di Kota Malang. Morninglover. 2016

Raungan pengantar pesta pora akhir pekan dari Babirusa. Malang Merdeka. 2016.

‘Pesta Pora Babirusa’ Anthem Akhir Pekan Dari Kota Malang. Kapanlagi. 2016.

Pesta Pora Babirusa, Menanti Lahirnya Hymne Puja Belantara. LYT Media. 2016.

BABIRUSA Siapkan ‘Cula Tajam’ Nan Liar. Musikeras. 2016.

Babirusa Usung Gairah Imajiner Dalam Pelepasan EP Hymne Puja Belantara. LYT Media. 2016.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s