Write The Future

Write The Future merupakan unit Pop Punk kota Malang yang dibentuk pada tahun 2009 silam. Selama perjalanan karirnya, band yang beranggotakan Dandy Gilang, Risang Candrasa, Agung, Dimas, dan Yoga ini telah melahirkan 2 EP dan 1 split album bersama band Jakarta, Storry Starry Nite.

2009 – 2014

Jejak awal perjalanan Write The Future memang sulit untuk diikuti dan diketahui. Penyebabnya tidak lain karena minimnya arsip dokumentasi yang memang pada saat itu media tidak mudah untuk digapai. Band ini dibentuk ketika semua personil masih duduk di bangku SMA, semenjak awal dibentuk band ini sudah begitu bersemangat untuk menjajaki panggung-panggung acara yang memberikan ruang bagi mereka. Hal tersebut bisa dibuktikan dari arsip poster-poster acara yang memampang nama Write The Future sebagai pengisi line up di acara tersebut.

Butuh waktu tiga tahun untuk Write The Future melahirkan mini album. Tepatnya pada tahun 2012, mini album bertajuk Reason resmi mereka lahirkan bersama Route 66 Records. Reason berisi lima materi yang penuh berisi dengan semangat musik remaja sekolah menengah atas (pada saat Reason lahir semua personil Write The Future sudah terhitung jadi Mahasiswa Baru). Gairah tiga tahun perjalanan awal Write The Future begitu terasa pada mini album Reason.

Pada tahun yang sama pula Write The Future melakoni tur pertama mereka bertajuk Ingin Meledak Tour menuju tiga kota yakni Solo, Bandung, dan Jakarta bersama rekan pop punk dari Malang, Stay Funny.

Dua tahun berselang sejak lahirnya Reason tepatnya pada 29 April 2014, Write The Future mengunggah teaser berjudul “Bury My Trace Someone Will Take My Place” Ep Teaser yang ternyata adalah calon nama untuk mini album kedua mereka yang recananya sudah siap untuk dirilis dalam waktu dekat.

Write The Future juga sudah memutuskan untuk masuk menjadi roster terbaru dari label anyar Haum Entertainment untuk perilisan mini album kedua berjudul Bury My Trace Someone Will Take My Place. Mini album ini sekaligus menjadi rilisan pertama dari Haum Entertainment.

Bury My Trace Someone Will Take My Place berisi tiga materi yang lebih dewasa. Kali ini musik Write The Future benar-benar tampil layaknya mahasiswa yang menginjak akhir semester. Beberapa media mulai melirik band pop punk satu ini. Menasbihkan Write The Future sebagai salah satu band segar yang lahir ketika ranah musik pop punk mulai terdengar membosankan.

Selang beberapa hari kemudian masih dibulan Mei 2014,kunjungan dari band pop punk asal Jakarta ke Malang berbuah kolaborasi antara keduanya, mereka adalah Storry Starry Nite. Bersama dengan Story Stary Nite, Write The Future berenca untuk melahirkan split album bertajuk Couch To Couch di bawah bendera Aperoject Records dan digarap dengan waktu sesingkat-singkatnya di dalam studio rekaman Oshitok Studio.

Setelah usai merampungkan penggarapan split album di dalam studio rekaman, mereka kemudian menggelar acara pre-launch split EP Couch to Couch pada 27 Mei 2014 lalu di Houtenhand Malang dengan mengundang band pop punk asal kota Malang lainnya seperti  Bonuspack, Brigade07, Hot New Camp, dan Spotlight Tonight.

Split EP Couch To Couch berisi lima lagu dimana dua track merupakan lagu dari mereka masing-masing dan satu lagu lagi sebagai bonus track merupakan hasil dari kolaborasi.

Pada bulan Juni 2014, Write The Future dan Story Starry Nite membocorkan lagu hasil dari kolaborasi mereka berjudul “Di Sofa Ini”. Lagu ini merupakan bonus track yang berada pada split EP Couch To Couch.

Dalam rangka promosi mini album Bury My Trace Someone Will Tale My Place, Write The Future kembali melakoni tur kedua mereka selama perjalanan karirnya. Tur kali ini akan lebih banyak menguras tenaga, pasalnya Write The Future akan berkunjung ke tujuh kota di Jawa hingga Bali. Pada bulan ini pula split EP Couch To Couch sudah selesai diproduksi oleh Aperojects Records dalam format kaset kemudian disusul dengan compact disc.

2015 – 2016

Tidak banyak aktifitas yang dilakukan Write The Future pada periode 2015 hingga 2016 dalam urusan melahirkan materi baru. Namun untuk urusan panggung dan lainnya Write The Future masih dikatakan sangatlah aktif meski hampir seluruh personil sedang dalam masa akhir semester di perkuliahannya.

Bulan Februari Write The Future diundang oleh salah satu studio musik di kota Malang, Antz Studio, untuk mengisi program live session mereka bernama Antz Session.

Kemudian Write The Future meluncurkan sebuah video klip untuk lagu berjudul “Safe To Say” pada 3 Mei 2015. Lagu “Safe To Say” merupakan  salah satu materi pada mini album kedua Write The Future bertajuk Bury My Trace Someone Will Take My Place.

Kemudian dimulai pada bulan Januari 2016, Write The Future kembali ke dapur rekaman untuk menggarap debut album penuh mereka. Semua aktifitas penggarapan debut album juga mereka rangkum dalam kanal Youtube bernama WriteTheFutureTV berupa video studio update yang diunggah secara berkala.

2017 – …

Kabar mengenai album penuh Write The Future mulai terasa akan segera dilahirkan. Pada 18 Januari  2017 melalui akun souncloud, mereka mengunggah single terbaru berjudul “Write You Off” dimana lagu ini akan menjadi salah satu materi pada debut album penuh mereka yang rencananya akan rilis akhir bulan.

Pada 29 Januari 2017, Write The Future resmi melepas debut album penuh bertajuk Changing Pace secara mandiri dalam medium CD (Compact Disc). Changing Pace berisi 10 track dengan mengusung tema seputar kehidupan dari sudut pandang para personil yang juga semakin berkembang dengan lirik lebih straight-forward.

Album dengan tema pertumbuh remaja milenial menuju ke fase yang lebih dewasa, dimana membuat pilihan tidaklah mudah, apalagi tidak mempunyai pilihan sama sekali. Dan juga kegelisahan dalam menentukan arah hidup, dimana tuntutan semakin mendesak. Album ini akan terasa klise, namun inilah kegelisahan yang benar-benar jujur Write The Future alami dan coba untuk atasi melalui album penuh Changing Pace.

 

 

Diskografi:

EP;

Reason, 2012. Via Route 66 Records (Compact Disc).

Bury My Trace Someone Will Take My Place, 2014. Via Haum Entertainment (Compact Disc).

Album;

Changing Pace, 2017Self Released. (compact disc)

Singles;

Safe To  Say,  2015.

Write You Off, 2017.

 

Split Album;

Couch To Couch (with Story Starry Nite), 2014. Via Aperoject Records (Cassette & Compact Disc)

Anggota ;

Dandy Gilang – Vokal

Risang Candrasa –   Gitar

Dimas – Gitar

Yoga – Bass

Agung – Drum

 

Sumber Referensi

Info Gig: Kesepakatan Bersama #2. Fotokopi Buram. 2012.

Write The Future “Bury My Trace Someone Will Take My Place” Tour dates. Koalisi Nada.  2014

Menulis Masa Depan Pop-Punk Malang: Write The Future. Wastedrockers. 2014.

‘Couch to Couch’ Keakraban Gigs Di Kota Malang. Berisik Radio. 2014.

‘Couch to Couch’, Split EP Story Starry Nite dan Write The Future. Gigsplay. 2014.

Kolaborasi Write The Future dan Story Starry Nite. KVLT Magz. 2014.

Write The Future, ‘Bury My Trace.’ Soundtrack Mewakili Perasaanmu. Kapanlagi. 2014.

Write The Future Pamer Ep Baru di 7 Kota. Ronascent. 2014.

Anti Mtv Video : Write The Future – Fit In. Radio Heyho. 2014.

Secret Of The Year; Wadah bersatunya Musisi. Morninglover. 2015.

Write The Future Meluncurkan Video Klip ‘Safe To Say’. Noise. 2015.

Interview: Menyoal Musik dan Kecemasan Write The Future‏. Kanaltigapuluh. 2015.

Episode 03 : Pop punk Nusantara, Surabaya & Malang. SuaraSuburbia. 2016.

Write the Future Siap Lepas Album Penuh di Tahun 2017. Provoke-Online. 2017.

Pop punk band Write The Future release awesome first single off upcoming full length. Unite Asia. 2017.

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Write The Future

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s