Take This Life

Take This Life lahir dari ketidakpuasan akan apa yang mereka lihat dan rasakan di dunia ini. Unit mathcore yang sudah dibentuk sejak 17 April 2005 ini merupakan salah satu band asal kota Malang yang tetap konsisten melahirkan karya hingga detik ini. Berangkat dari influens emotional hardcore dengan penggabungan atraktif dari chaotic math-core, Take This Life tetaplah menjadi diri mereka dengan selalu menggunakan rumus metematika ganjil yang kemudian disandingkan dengan distorsi berat, kasar, dan tentunya liar.

2010 – 2011

Butuh waktu 5 tahun (1 Juni 2010) untuk Take This Life melahirkan debut mini album bertajuk There’s No Deer In the Forest. Awal dari keliaran Take This Life begitu tergambarkan dan terangkum pada album yang dicetak dalam bentuk compact disc ini. There’s No Deer In The Forest berisi 5 lagu yang menceritakan kegilaan hewan yang menjadi cermin kegilaan kemanusiaan, dalam level personal dan sosial.

17 April 2011 pesta bertajuk 6 Years Anniversary TakeThisLife – Still Math Still Mad digelar untuk merayakan ulang tahun sekalgus perjalanan Take This Life di skena musik kota Malang dalam kurun waktu enam tahun. Acara tersebut digelar di villa songgoriti, Batu, dengan mengundang  Gang Holiday, Lolyta and The Digusting Trouble, Stay Funny, Heartswell, Brigade07, Ceremonial Victor, dan kawan-kawan lainnya.

Dua lagu terbaru Take This Life berjudul “I Am The Owl, I Roam The Night Alone” dan “When The Dolphin Pray for Forgiveness” masuk menjadi bagian kompilasi bertajuk Splak Blak! Muta Karak yang dirilis pada bulan September 2011. Kompilasi Splak Blak! Muta Karak (SB!MK) berisi  22 lagu dari 11 musisi muda Malang. Proses penggarapan kompilasi ini juga bisa dikatakan sangat singkat dengan hanya memakan waktu kurang dari dua bulan saja.

SB!MK menjadi kompilasi yang penting keberadaannya karena telah  berhasil merekam jejak 11 band berpotensi pada jamannya. Kompilasi ini juga memiliki konsep yang cukup unik yaitu mengkolaborasikan 11 band yang ada dengan 11 artworker muda yang berbeda, ditambah dua artworker yang mengerjakan artwork untuk sleeve CD dan artwork untuk kepingan CD.

Acara peluncuran kompilasi Splak Blak! Muta Karak digelar pada 21 September 2011 di Villa Selecta, Batu. Sebulan setelahnya, Take This Life melakoni tur bertajuk Oyi Tok Wes (OTWtour) menuju Bali bersama band punk kota Malang, Anniverscary, kemudian dilanjut menuju Surabaya  bersama  rombongan 10 band lainnya yang tergabung dalam kompilasi SB!MK.

2012 – 2013

Pada awal tahun 2012, Take This Life kembali masuk dapur rekaman untuk penggarapan album. Kemudian tepat pada ulang tahunnya ke-7 (17 April 2012), Take This Life mengunggah Preview Take This Life Album 2012 Part 1 & Part 2 yang berisi cuplikan ketika penggarapan album di dalam studio rekaman dengan background lagu terbaru mereka.

Kabar mengejutkan datang melalui kanal bandcamp SB!MK Music Development dengan split album bertajuk Test Of Faith dimana di dalamnya Take This Life berkolaborasi dengan salah satu dedengkot band Hardcore kota Malang, Screaming Factor. Screaming Factor sendiri sebelumnya pernah melahirkan debut album self titled bersama label lokal Fukyu Records pada tahun 2005. Album ini direkam di Antz Music Malang pada 10-11 September 2012 menggunakan dua telepon genggam dan satu komputer tablet.

Split ‘Test Of Faith’ berisi 4 track dari Take This Life dan 4 track dari Screaming Factor. Pada split ini Take This Life membawakan dua lagu yang juga menjadi bagian dari kompilasi SB!MK ditambah dengan dua materi anyar berjudul “This Is The Ape Song” dan “Antz and Me” yang akan menjadi materi pada calon album terbaru mereka.

Sedangkan Screaming Factor juga membawakan dua lagu yang berada dalam debut album mereka dan ditambah dua materi terbaru. Split Test Of Faith resmi dirilis pada 30 September 2012. A Raw Digital Split by Screaming Factor and TakeThisLife!.

18 Juni 2013 Take This Life meluncurkan video klip untuk single terbaru “Antz and Me”. Melalui single ini pula Take This Life mengumumkan judul untuk debut album penuh mereka, Animus Animalis. Lagu ini merupakan sebuah tribut bagi rumah kedua Take This Life, Antz Music Malang.

Animus Animalis diumumkan rilis pada 27 Juni 2013. Album yang penuh disesaki berbagai satwa liar, mulai dari artwork hingga rentetan judul lagu (dari 11 lagu, 7 lagu bertemekan satwa). Mengutip dari Aristoteles bahwa Manusia adalah secara alami hewan sosial, Take This Life mencoba memaparkan pandangan bahwa manusia tidak hanya hewan sosial namun juga bertingkah laku seperti hewan.

Album ini akan dirilis dalam dua versi CD yaitu Collector’s Edition yang dirilis dalam jumlah terbatas (200 copy) dan Standard Edition.

“Secara umum album ini adalah suksesor apik dari EP pertama There’s No Deer In The Forest, yang lebih melodik. Nuansa dark dan progress math di Animus Animalis sangat kentara. Intro ‘Into The Wild’ yang sering dibawakan di live performance mereka seakan menjadi golok tajam yang menyibak kelebatan hutan rimba.” Ungkap Radioastronot mengenai Animus Animalis.

Akhir bulan Juni 2013 giliran single “Fly Like A Fish, Dive As A Bird” yang diluncurkan dalam bentuk Official Lyric Video. Akhir Agustus 2013 Take This Life menggelar pesta peluncuran debut album penuh Animus Animalis di Houtenhand. Beberapa band lintas genre juga turut diundang untuk memeriahkan acara perilisan ini, mereka antara laian Kobra, Laora, 4Fingers Down, Gang Holiday, dan Write The Future.

2014- 2015

Awal tahun 2014 Take This Life mengumumkan jika mereka akan terlibat dalam kompilasi Revolution Autumn. Kompilasi Revolution Autumn adalah sound yang merepresentasikan generasi band emotive Hardcore yang mementingkan ledakan emosi yang tidak dipaksakan.

Revolution Autumn yang dikuratori oleh Indra Menus dan Akhmad Alfan Rahadi ini dirilis dalam format kaset oleh Rizkan Records dan Relamati Records sementara versi CDR oleh Sailboat Records.

Dalam kompilasi ini Take This Life menyumbangkan lagu “Fly Like A Fish, Dive As A Bird”. Selain Take This Life, pada kompilasi Revolution Autumn kota Malang juga diwakili oleh Laora dengan lagu “A Help Denied” dan Lights Out “Stuttered Words”. Tujuan kompilasi ini adalah sebagai arsip penanda jaman bahwa di era ini ada sebuah skena emotive Hardcore atau 90’s emo/screamo atau skramz.

18 April 2015 tiba-tiba Take This Life meluncurkan single baru berjudul “4” melalui kanal youtube mereka. Peluncuran single “4” sekaligus disertai dengan kabar akan dirilisnya mini album terbaru bertajuk Numbers yang nantinya akan dirilis oleh label anyar Svnwish Records.

Dua tahun setelah dirilisnya debut album penuh Animus Animalis, mini album Numbers kemudian resmi dirilis oleh Svnwish Records pada 1 Mei 2015 dalam bentuk CD. Mini album yang berisi 5 materi yang begitu memiliki kadar kekacauan yang begitu beragam, Take This Life memang tidak pernah kehabisan tenaga untuk selalu tetap terdengar liar dan tentunya beringas.

Pesta peluncuran mini album tentu tidak akan terlewatkan, tepatnya pada 10 Mei 2016 Take This Life menggelar pesta rilisnya Numbers di tempat yang sama ketika menggelar pesta perilisan Animus Animalis, Houtenhand. Beberapa band juga dilibatkan untuk berpartisipasi. Mereka adalah Write The Future, Lemah Syahwat, dan tamu spesial yang dibangunkan dari tidur panjangnya, Idiot Bob.

Seminggu setelah menggelar pesta perilisan, Take This Life melakoni mini tur ke tiga titik kota di Jawa Timur (Blitar (16/5), Tulungagung (17/5), Kediri (18/5)).

28 Juli 2015 track ke empat pada EP Numbers berjudul “X” muncul ke permukaan dalam bentuk video klip. Lagu ini bercerita mengenai perjalanan selama satu dekade Take This Life (2005-2015). Video yang berisi kumpulan dokumentasi live show selama mereka melakoni tur Numbers di Malang, Blitar, Tulungagung, hingga Kediri.

EP Numbers yang dirilis oleh Svnwish Records ternyata ludes terjual dalam kurun waktu yang cukup singkat. Pada 3 November 2015, Take This Life memutuskan untuk merilis ulang Numbers dalam format kaset tape bersama label Haum Entertainment.

2016 – 2017

Penghujung tahun 2016, Take This Life mengumumkan akan merilis ulang debut mini album There’s No Deer In The Forest dalam bentuk kaset pada awal 2017. Mini album yang pertama kali dirilis pada tahun 2010 ini akan kembali dirilis ulang dengan tambahan satu lagu bonus yang konon telah direkam pada tahun 2008.

20 hari setelah kalender berganti menjadi tahun 2017, Take This Life kembali menjajikan mini album terbaru bertajuk Numbers Part 2 (Days) dengan single bertajuk “08032014”. Sebuah mini album lanjutan dari Numbers yang dirilis pada 2015 lalu, Numbers Part 2 [DAYS] berisi 4 track baru dari Take This Life.

Numbers Part 2 [DAYS] mengangkat tema mengenai tanggal-tanggal yang kelam. Mini album ini seperti merepresentasikan kegetiran yang pernah Take This Life alami di hari-hari yang lalu, dan bagaimana mereka akan terus berjalan maju di hari-hari mendatang. Mini album ini rencananya akan dirilis pada awal bulan Februari 2017 melalui label MATIxKUTU asal Malang (versi CD) dan Svara Records asal Jakarta(versi kaset).

Kabar mengejutkan datang mengenai keputusan Take This Life untuk vakum hingga waktu yang belum ditentukan. Tentu saja kabar ini pukulan telak bagi penggemar karya-karya Take This Life selama ini. Pasalnya kabar bahagia  lahirnya mini album terbaru bertajuk Numbers Part 2 [Days] harus bersandingan dengan kabar vakum Take This Life setelah 12 tahun berkontribusi pada skena musik kota Malang.

Peluncuran mini album sekaligus perpisahan ini ditandai dengan digelarnya pesta bertajuk Live and Down di Brawijaya Edu Park (ex Senaputra) pada 11 Februari 2017. Pada momen ini Take This Life juga merilis ulang mini album pertama mereka There’s No Deer In The Forest dalam format kaset. Di dalamnya ada satu bonus track yang yang belum pernah mereka rilis.

Setelahnya, pada tanggal 20 Februari 2017 Take This Life meluncurkan video klip untuk lagu “26122004”.

Diskografi:

EP;

There’s No Deers In The Forest, 2010. (Compact Disc)

Numbers. via Svnwish Records (Compact Disc) & Haum Entertainment (Cassette), 2015.

Numbers Part 2 [Days]. Via Swara Records (cassette) & MatixKutu Records (Compact Disc), 2017.

There’s No Deers In The Forest (reissue). 2017. (cassette)

Album;

Animus Animalis, 2013. (Compact Disc)

Kompilasi:

Splak Blak! Muta Karak. Via SB!MK Music Development, 2011. (Compact Disc)

Revolution Autumn. Via Rizkan Records dan Relamati Records (Cassette) & Sailboat Records (Compact Disc), 2014.

Split:

Test Of Faith, w/ Screaming Factor. Via SB!MK Music Development (Digital). 2012.

Anggota:

Julius – Vokal

Jabrek – Guitar

Gundul – Drum

Sinyo – Bass

Situs Resmi Take This Life;

http://www.takethislifemlg.wordpress.com

 

Sumber Referensi:

Splak Blak! Muta Karak: Kompilasi Musisi Malang nan Seru. Jakartabeat. 2011.

Review Take This Life – Animus Animalis, Radioastronot. 2013

Album Review; Take This Live – Animus Animalis. Kanaltigapuluh. 2013.

Take This Life, “Animus Animalis, Klimaks Maksimal. Kapanlagi. 2013.

Revolution Autumn kompilasi band-band emotive hardcore. Deathrockstar. 2014.

Take This Life – Animus Animalis (2013). Wastedrockers. 2014.

Take This Life Luncurkan Numbers EP. DCDC Djarum Coklat. 2015.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s