Young Savages

Young Savages merupakan generasi anyar indie rock di kota Malang. Tepatnya pada tahun 2013, nama Young Savages lahir dari keliaran pesta yang biasa mereka buat dan hadiri di salah satu bar di kota Malang. Tema yang mereka angkat dalam liriknya pun tidak jauh seputar pertemanan dan bagaimana mereka bersenang-senang.

2013 – 2014

Single “Clown” menjadi awal dari perkenalan Young Savages. Lagu ini juga menjadi bagian dari MalangInYourFace Compilation Vol. 2  yang dirilis pada tahun 2013.

Tahun  2014 Young Savages bersama dua band segenarasi yakni FRANK! dan Megatruh menggagas sebuah tur bertajuk Aku Lagi Tour  yang menghasilkan kompilasi AkuLagiKompilasi. Pada kompilasi ini Young Savages menyumbangkan dua materi berjudul  “Clown” dan “Nightfall”.

Sebelum melakoni serangkaian tur, gitaris  Young Savages bernama Eric menyatakan untuk keluar dari band yang kemudian disusul dengan keluarnya Rendy (bassist) setelah menyelesaikan rangkaian tur AkuLagiTour.

Posisi Eric telah terisi oleh Rian, namun keputusan mendadak Rendy untuk keluar menjadi pukulan telak bagi Young Savages. Belum lagi pada saat itu gitaris mereka, Bintang, berstatus mahasiswa aktif di salah satu Universitas di Jakarta.  Hal ini berimbas pada molornya penggarapan EP yang telah mereka rencanakan.

Lagu “Night Fall” masuk dalam Aliansi Musik Agustus 2014 yang digagas oleh Deathrockstar bersama single-single dari band seperti Elephant Kind, Soloensis, Ok Karaoke, dan lainnya.

2015-2016

Pada periode sulit ini Young Savages sedikit mengendur, namun mereka masih sempat tampil di beberapa acara dengan bantuan additional player.

Pada akhirnya Bintang memutuskan untuk kembali ke kota Malang. Posisi bass Young Savages  juga telah resmi terisi oleh Nanda Gupar (Megatruh, Downtown Terpedoes).

Pada bulan September 2016 Young Savages melahirkan video klip untuk single “Night Fall”. Video klip ini dibuat secara mandiri oleh para personil Young Savages sendiri di tempat dimana mereka biasa sering berkumpul untuk berpesta bersama teman-teman, Houtenhand.

Masuknya Tiara untuk mengisi posisi keyboard menambah warna dan aransemen musik Young Savages. Semangat Young Savages kian memanas, mereka juga mulai rajin terlihat di berbagai panggung acara. Gairah yang memanas ini tentu dimanfaatkan dengan baik oleh Young Savages dengan memulai kembali penggarapan materi untuk calon debut album.

Puncaknya pada bulan Oktober 2016, Young Savages membocorkan lima materi terbaru versi akustik yang direkam saat mereka menjadi bintang tamu di salah satu radio swasta di kota Malang. Hal ini juga menandai jika materi-materi telah siap untuk diluncurkan dalam bentuk album.

2017 – …

2017 sepertinya akan menjadi tahun yang menarik terutama bagi Young Savages. Pada bulan Februari Young Savages melepas single terbaru mereka berjudul “Highway High”. Peluncuran single ini juga menandai rampungnya proses rekaman keseluruhan materi untuk calon debut album penuh mereka. Young Savages kali ini tinggal menunggu waktu untuk meresmikan album yang bertajuk 2000’s Kid.

Diskografi:

Singles;

Clown, 2013.

Night Fall, 2014.

Highway High, February 2017.

Kompilasi;

Malang  In Your Face Vol. 2, 2013.

Aku Lagi Tour, 2014.

Anggota :

  1. Adin Pramudita (Vokal)
  2. Rian (Gitar)
  3. Bintang Priyadmadi (Gitar)
  4. Raditya Putra “Sipit” (Drum)
  5. Nanda Gupar (Bass)
  6. Tiara (Keyboard)

Sumber Referensi:

Zine:  AkuLagiTour. 2014

Young Savages: Muda, Sakit, dan Sedih. Threeonspeed. 2013.

3 Band Belia Malang Siap Serbu 6 Kota. Ronascent. 2014.

Aliansi Musik Agustus 2014. Deathrockstar. 2014.

Young Savages Bocorkan Lima Lagu Versi Akustik. Warning Magz. 2016.

5 Kota Alternatif Penyedia Musik Keren. Qubicle. 2016.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s