Crimson Diary

Awal dibentuk pada tahun 2009 band ini mulanya bernama Bems On His Crimson Diary yang awalnya hanya sebuah proyek sampingang yang beranggotakan beberapa personil dari band yang namanya sudah cukup di kenal pada media 00’an, seperti Fan, Hectic, Banana Co, dan Kee.

Bermula dari keinginan Ebem (vocal) untuk membentuk sebuah band baru setelah beberapa waktu vakum dari band terdahulu, Hectic. Ebem mengajak beberapa personil band-band Malang lainnya sebagai partner barunya dalam membentuk Crimson Diary dengan formasi Bampo (Kee) pada Bass, Siklum (Fan) pada Gitar, dan Ossi (BanCo) pada posisi Drum.

Crimson Diary merupakan pengusung alternatif era 90’an yang lahir di kota Malang. Tema-tema dari setiap lagu yang diciptakan lebih mengangkat tentang keoptimisan dari sebuah kehidupan yang penuh ketidakadilan, ketimpangan sosial, keburukan sifat, serta sisi gelap dari dalam diri manusia.

2010 – 2011

Pada awal Mei 2010, Ossi mengundurkan diri dikarenakan harus hijrah dan menetap di Jakarta, kemudian posisi Drummer digantikan oleh Tria (Rel). Tuhan berkehendak lain,  dalam  penampilan perdananya  pada tanggal 16 Mei 2010, Tria menghembuskan nafas terakhirnya setelah memberikan penampilan terbaiknya bersama Crimson Diary.

Setelah itu posisi drum di isi oleh Dayat dari Nand Entertain. Sejatinya Crimson Diary telah merencanakan untuk merekam beberapa materi untuk dijadikan sebuah debut album.

2012 – 2014

Pada tahun 2012 single bertajuk “You and Me” telah tersebar. Periode ini Crimson Diary disibukkan dengan berbagai kegiatan manggung. Sampai pada akhirnya album yang mereka rencanakan menemukan titik terang. Pada awal tahun 2014 Crimson Diary merealisasikan album mereka bertajuk Senja bersama label anyar Barongsai Records. Senja berisi 7 lagu yang mengangkat kisah keseharian mereka dari pagi hingga berjumpa pagi.

Setelahnya pada bulan Mei 2014, Crimson Diary menggelar launching album di Houtenhand dengan mengajak  Intenna. Hari itu pula Crimson Diary sudah membawakan satu materi anyar mereka berjudul “Akhiran” dan mengumbar janji jika album  kedua sedang mereka persiapkan.

Setelahnya masih pada bulan yang sama Crimson Diary melakukan tur dalam kota di beberapa titik tempat. Tur ini bertajuk A Crimson Diary City Tour.

Pada bulan Oktober, Crimson Diary meluncurkan video klip untuk single mereka “Senja”. Melalui video klip ini pula san drummer, Dayat, digantikan oleh Dyan (Fan).

2015 – 2016

8 April 2015 melalui akun 33 Channel, Crimson Diary meluncurkan video klip untuk single berjudul “Fade Away”.

Bertepatan pada perayaan Malang Cassette Store Day 2016  yang diadakan teras angkringan panglima, Crimson Diary menyebarkan demo tape secara militan. Demo berupa kaset ini berisi 3 materi anyar Crimson Diary dan dirilis oleh Nadapita Records sebagai pengantar album penuh kedua mereka. Tiga lagu tersebut antara lain “Freja”, “Misty Night”, dan “Akhiran”.

Tidak lama kemudian pada awal Desember 2016 Crimson Diary resmi melepas album penuh mereka bertajuk Crimson Diary. Album ini dikemas menyerupai buku diary  dari sisi packaging, tema yang diangkatpun juga merupakan kisah pribadi yang dituangkan oleh seluruh personil hingga orang-orang terdekat dari Crismson Diary. Album ini memang dikonsep layaknya sebuah buku diary.

Album yang berisi 10 track ini diproduksi secara mandiri yang kemudian diserahkan Barongsai Records sebagai pihak distribusi.

2017 – …

Awal Februari 2017, Crimson Diary meluncurkan video klip untuk single “Freja”. Single ini merupakan lagu yang dipersembahkan untuk sang buah hati dari Bill Walessa bernama Freja.

Diskografi:

Album;

Senja, 2014. Via Barongsai Records. (Compact Disc)

Crimson Diary ‘Diary Of Crimson’, 2016. Self-released, distributed via Barongsai Records. (Compact Disc)

Singles;

You and Me, 2012.

Senja, 2014.

Freja, 2014.

Anggota:

Bill Walessa – Gitar & Vokal

Muklis Huda – Gitar

Agung ‘Bampho’ – Bass

Dyan – Drum

 

Sumber Referensi:

Majalah Sintetik #1

Barongsai Merilis Sepi dan Senja dari kota Malang. Sesikopipait. 2014.

Laporan Mata Dari Launching Album Crimson Diary, Senja. Malang Sub Pop. 2014.

Cassette Store Day Malang 2016. Qubicle. 2016.

Crimson Diary Resmi Luncurkan Album Terbaru Dengan Konsep Diary. LYT Media. 2016.

Crimson Diary Rilis Self-Titled EP Berisikan 3 Lagu. Portalmusik Malang. 2016.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s