Ulasan Rilisan; Take This Life – Numbers Part 2 [Days]

Merenungi hal-hal yang telah terjadi di sekitar kita memang kerap kali membuat perasaan kalang kabut, meskipun diri sendiri tidak mengalaminya secara langsung. Hikmah memang tidak selalu dipetik dari pengalaman yang telah kita alami, namun bisa juga dengan merenungi kejadian-kejadian yang telah dialami oleh lingkungan sekitar kita. Kepedulian haruslah tetap hidup di era yang semakin ‘peduli setan’ ini.

Take This Life baru saja melahirkan mini album bertajuk Numbers Part 2 [Days]. Album ini sekaligus menjadi kabar sedih jika mereka memutuskan untuk mengakhiri kiprah bermusik setelah 12 tahun berkontribusi pada skena musik kota Malang. Tentu saja sungguh sangat disayangkan jika mengingat Take This Life merupakan band satu-satunya pengisi slot di ranah musik math-rock di kota ini.

Numbers Part 2 [Days] berisi tentang perenungan kejadian-kejadian yang cukup mengejutkan terutama bagi negeri ini. Melalui kacamata pribadi, Take This Life mencoba merenunginya dan tenggelam sedalam-dalamnya. Mengingat kejadian (bencana) yang telah terlewati semasa hidup mereka. Hasil perenungan itu kemudian mereka rangkum menjadi satu melalui lirik dan lagu pada mini album di mana keempat materi  di dalamnya berjudul deretan angka yang tidak lain adalah tanggal dimana terjadinya kejadian tersebut.

Dari penyisiran ingatan itu, Take This Life sepertinya menemukan sisi lain mereka. Terbukti dari sedari awal lagu pertama berjudul “12/10/2012” di putar, mereka tidak perlu basa-basi untuk mengirimkan pukulan berupa seretan suara distorsi gitar dan vokal yang kaya akan energi. Perbedaan yang jelas lebih terasa adalah jika pada album ini Take This Life sepertinya telah mengistirahatkan tempo yang syarat akan hitungan ganjil dan meninggalkannya pada album-album sebelumnya. Kini mereka tidak pandang bulu, hanya berlari kencang dan mengahantam setiap dinding lagu dengan begitu kasar, dalam, dan terlampau gelap.

Setiap album yang dilahirkan Take This Life pasti akrab dengan satu lagu yang memiliki pola instrument dan nuansa yang terasa begitu berbeda dibandingkan dengan materi lainnya. Sebut saja lagu “The Beginning Of The Wretched Wild World” di album There’s No Deer In The Forest (2010),  “Into The Wild”  pada Animus Animalis (2013), dan kemudian “1” pada album Numbers Part 1 (2015). Namun jika pada album sebelumnya lagu-lagu tersebut didapuk menjadi materi pembuka, maka pada Numbers Part 2 [Days] lagu berjudul “26/12/2004” yang memiliki kadar musik begitu dingin ini dipercaya sebagai materi penutup album sekaligus menghantarkan Take This Life untuk menuju ruang peristirahatan panjangnya.

Tentu saja pada mini album Numbers Part 2 [Days] ini Take This Life masih tetap menjadi mereka yang penuh amarah, teriakan, dan kelewat kejam. namun album terkahir ini (semoga saja tidak)  memang sebuah perpisahan yang begitu terasa jelas layaknya pertanda kesedihan yang akan menerpa dengan ditandai banyaknya kejadian ganjil di dalamnya. (Hilman)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s