Remissa

Remissa secara resmi dibentuk pada tahun 2014. Remissa merupakan kelompok musik asal Malang yang banyak terpengaruh oleh musik yang berasal dari Seattle atau yang biasa dikenal dengan istilah Seattle Sound.  Jadi bisa disimpulkan jika Remissa adalah trio grunge asal kota Malang yang digawangi oleh Rizky Muhammad sebagai vokalis dan gitaris, Baron Wisnumurti menjadi pembetot bass, dan Bintang Mahatma pada posisi penggebuk drum.

Remissa adalah salah satu band yang lahir dari ruang lingkup perguruan tinggi di ktoa Malang.  Para personil Remissa juga mengaku jika perkenalan antar personil terjalin akibat mereka sama-sama mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan di universitas yang sama dan selera musik yang telah menyatukan mereka dalam memutuskan membentuk Remissa.

2015 – 2016

Remissa mulai banyak dikenal di penghujung tahun 2015 ketika mereka mulai memberanikan untuk keluar dari ruang lingkup kampus. Memang selama ini banyak band di kota Malang yang lahir dari sudut-sudut kampus, namun sayangnya kebanyakan dari mereka (band) hanya bergeliat di dalam ruang lingkup kampus saja. Sehingga bagi mereka yang notabenya para penikmat musik yang berada di luar ruang lingkup kampus tidak banyak mengetahui keberadaan band-band ini. Padahal untuk masalah musik, beberapa dari mereka (band) memiliki kualitas yang harusnya dikenalkan secara lebih luas dalam artian ruang lingkupnya.

Remissa adalah satu dari sekian band yang berani untuk memilih bergeliat di luar kampus. Terlibat dalam rangkaian tur promo album band psikedelik rock asal pulau Bali, Rollfast, di Houtenhand menjadi titik Remissa dikenal secara lebih luas. Belum lagi keterlibatan Remissa pada acara kolektif bertajuk Semburat  #2 ; Edisi Padepokan Tapak Racun yang diprakarsai oleh kelompok kolektif bernama Koalisi Nada membuat Remissa lebih banyak mengenal kerabat yang berkecimpung dalam ranah musik untuk melebarkan sayap demi mengenalkan karya-karyanya.

Pada tahun 2016 Remissa menjalin kerja sama dengan label anyar bernama Frekuensi Records. Perkenalan mereka merupakan buah dari keterlibatan keduanya pada acara bertajuk Semburat. Tidak butuh waktu lama, Remissa ternyata sudah menyiapkan materi untuk bekal album penuh.

Pada tangga 1 Juni 2016, Remissa mengenalkan debut single mereka berjudul “Manifesto Utopis”. Lagu “Manifesto Utopis” dipilih karena lagu ini mewakili keseluruhan isi dan karakter pada debut album mereka. Dominasi distrosi dan lirik apatistik dengan tempo cepat dan lugas. Lagu-lagu dalam album ini seperti sekuel dari lagu Diskusi Mimpi yang sebelumnya pernah di lepas oleh Remissa.

Tidak lama kemudian pada pertengahan bulan Juli 2016, debut album bertajuk Manifesto Mimpi dilahirkan bersama label Frekuensi Records dalam rupa CD dan kaset. Album Manifesto Mimpi sendiri merupakan representasi atas suara hati Remissa menanggapi kondsi lingkungan di sekitar mereka. Dapat di generalisasikan isu-isu sosial dan perlawanan menjadi topik utama yang diangkat oleh Remissa.

Pada 21 November 2016, Remissa meluncurkan single kedua mereka berjudul “Terlihat, Tampak, Tragis”. Lagu ini diambil dari debut album penuh mereka Manifesto Mimpi.

Setelahnya gaung postif lahirnya debut album Manifesto Mimpi mulai berdampak. Remissa mulai sering terlibat acara-acara skala kecil hingga besar di kota Malang.

2017 – …

Pada bulan Februari 2017, Remissa melakoni serangkaian tur menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang digagas secara mandiri untuk memperkenalkan debut album penuh Manifesto Mimpi.

 

Diskografi:

Album;

Manifesto Mimpi. Via Frekuensi Records (Cassette & CD). 2016.

Kompilasi;

Semburat #2

Singles;

Manifesto Utopis, 2016.

Terlihat, Tampak, Tragis”, 2016.

 

Anggota:

Rizky Muhammad (Gitar & Vokal)

Baron Wisnumurti (Bass)

Alhamet Shidow (Drum)

Sumber Referensi:

Zine; Semburat #2 Edisi Padepokan Tapak Racun

http://srawungmedia.com/debut-album-remissa-manifesto-mimpi/

https://wastedrockers.wordpress.com/2016/07/18/remissa-manifesto-mimpi-2016/

https://www.warningmagz.com/remissa-ajak-kenalan-pendengar-lewat-single-manifesto-utopis/

https://qubicle.id/story/grunge-malang-versi-remissa

https://frekuensirecords.wordpress.com/

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s