Suarakan Kesetaraan, Tahu Berontak Lepas Video Musik “Egaliter”

Unit orkes asal kota Batu, Tahu Berontak, baru saja meluncurkan video musik teranyar mereka yang berjudul “Egaliter”. Selain menjadi singel terbaru, peluncuran video musik “Egaliter” juga sekaligus menjadi perayaan setahun kelahiran album bertajuk Merendah Untuk Meroket.

Dalam pengertiannya, egaliter adalah persamaan derajat pada setiap manusia. Setiap manusia mempunyai derajat yang sama di hadapan Tuhan tanpa membedakan kedudukan, kekayaan, keturunan, suku, ras, golongan, dan sebagainya, melainkan karena sikap masing-masing individu.

Begitupula dengan Singel “Egaliter” milik Tahu Berontak yang merupakan persembahan kepada penggemarnya untuk menggambarkan kesetaraan antara personil dengan penggemar. Kesetaraan yang dimaksud adalah tidak adanya jarak antara penggemar dan para personil Tahu Berontak.

Kesetaraan tersebut juga tersirat  dari pemilihan warna dan pemilihan setting tempat pengambilan gambar.

Tahu Berontak menjelaskan jika penggunaan format black and white (B/W) pada video musik “Egaliter” dilakukan sebagai upaya dalam membawa pesan jika seluruh manusia sejatinya memiliki kedudukan yang sama dan sederajat. Sedangkan untuk pemilihan tempat, Tahu Berontak sengaja memilih pasar karena mereka menganggap di pasar semua orang dapat berinteraksi tanpa memandang status sosial yang dimiliki.

Senada dengan penggalan liriknya yang berbunyi No Idol, No Heroes, No Leader, Tahu Berontak juga mengungkapkan “Lagu ini juga dimaknai lebih luas yaitu derajat yang sama dan setingkat, berdiri sama tinggi duduk sama rendah, bisa bersama-sama seiring sejalan, bisa saling menghargai, saling mencintai, selalu duduk maupun berjalan bersama-sama.”

Tahu Berontak terbentuk pada tahun 2006 beranggotakan Adam (vocal), Ari (backing vocal), Abid (lead guitar), Alfi (bass), Dimas (drum), Hagi (percussion), Wahyu (kendang) dan Chandra (mandolin).

Video Musik “Egaliter”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s