Kabar Lalu Lintas Kota Malang Edisi Bulan Juli 2017

Hai, apa kabar kalian semua? Semoga selalu dalam keadaan baik dan bahagia. Baiklah, langsung saja kami akan sebarkan kabar mengenai lalu lintas kota Malang edisi bulan Juli 2017. Bulan ini cuaca kota Malang sedang dingin-dinginnya lengkap dengan hujan yang tiba-tiba datang mengguyur. Cuaca begitu mendukung untuk hanya bersantai, mendengarkan musik, sambil menyeduh kopi atau, ehm, minuman penghangat tubuh lainnya.

Tapi ternyata dengan cuaca seperti ini tidak serta-merta membuat para penggiat dan pelaku di kota Malang untuk bermalas-malasan. Buktinya acara masih banyak bertebaran di setiap sudutnya dengan menawarkan keseruannya masing-masing, bahkan acara digelar tanpa memandang warna tanggal alias tidak peduli hari aktif atau hari libur. Para pelakunya juga masih tetap aktif berkarya dan bergerak. Mulai dari merilis album, single, video klip,  dan bermain di berbagai gigs. Bahkan ada juga yang rela meninggalkan cuaca kota Malang yang nyaman seperti ini demi melakoni ibadah tur. Semangat mereka patut diacungi jempol.

Bulan ini acara di kota Malang begitu padat. Berbagai komunitas tetap menggelar acara mereka dan bersenang-senang dengan cara mereka masing-masing. Seperti Malang Sub Noise yang bulan ini terlampau aktif menggelar gigs. Gerombolan owner label rekaman independen dan pemilik toko rekaman yang menamai diri mereka Malang Records Label juga kembali menggelar acara lanjutan bertajuk Malang Analog, Vintage & Craft Market selama dua hari. Komunitas Malang Pop Punk juga tidak kalah giat menggelar acara di berbagai ruang dan tempat.

Berbicara mengenai tempat, kota Malang memiliki beberapa pilihan tempat untuk dijadikan venue acara. Houtenhand Public House masih konsisten menyediakan tempat bagi para penggiat musik bawah tanah dengan semangat kolektifnya. Dan di tempat yang berbeda ‘saudara’ mereka, Houtenhandgarten, juga bulan ini sukses mempersembahkan acara bertajuk Sounds From The Garden di mana dalam acara tersebut mereka menyajikan nama-nama pelaku dari kota Malang yang sedang menjadi topik perbincangan hangat di kalangan penikmat musik kota Malang hingga Indonesia.

Tempat-tempat seperti Legipait juga masih konsisten dengan acara Blue Monday-nya, Warung Srawung yang selalu menggelar acara intimnya, Godbless Café 2, Gembira Café, Kalampoki Quayhouse, Poharin Art Space, Kappa Eat. Bulan ini juga ada kabar menyenangkan dari beberapa tempat anyar. Semisal Signore Café yang belakangan rajin menggelar acara dan juga Semeru Art Gallery yang telah kembali hadir di tempat baru. Tidak jauh, hanya bergeser satu langkah ke sebelah bangunan lama. Awal bulan Juli kemarin gelaran bertajuk Grand Opening Semeru Art Gallery menandai peresmian tempat baru mereka. Kini Semeru Art Gallery memiliki ruang yang lebih luas dan kini selain Warung Semeru, ada distribusi outlet yang mereka namai Semeru Art Shop. Kalian musti mengunjunginya!

Jika kalian ingin menggelar acara diskusi yang intim, selain tempat-tempat di atas kalian juga bisa menuju rumah Dari Masalalu. Untuk acara berskala besar, tempat seperti Brawijaya Edu Park (Ex Senaputra), Lembah Dieng, Lapangan Rampal, dan ex Bioskop Kelud masih tetap menjadi spot favorit para penggiat untuk menggeber acaranya.

Berlanjut siar kabar dari para pelaku musik di kota Malang.

Beberapa hari lalu gencar tersiar kabar mengenai band asal Amerika, Turnover, sedang melakoni tur di beberapa titik di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. Meski kota Malang tidak dijadikan tempat persinggahan, namun ada tiga band asal kota Malang yang turut hadir di beberapa titik dan menjadi bagian dari tur band asal Amerika ini. Seperti Whitenoir yang terlibat pada rangkaian tur di Bali, Write The Future di Surabaya, dan Beeswax di Yogyakarta.

Menyinggung mengenai tur, beberapa band asal kota Malang bulan ini juga sedang menjalani rangkaian tur mereka. Seperti Brigade07, Intenna, Tropical Forest, dan juga Ancient Flower yang kabarnya akan memulai agenda tur mereka.

Selain acara, bulan ini juga dibanjiri oleh karya-karya dari para pelakunya; album, video klip, dan single. Unit veteran punk rock, No Man’s Land, yang baru saja menambah panjang daftar diskografi mereka dengan melahirkan album ketujuh bertajuk True To Myself. Proyek elektronik pop asuhan pria bernama Fifan Christa, Atlesta, juga baru  meluncurkan album terbarunya Gestures. Pengusung shoegaze, Intenna, yang sedang melakoni tur dengan vokalis baru juga kabarnya melahirkan mini album yang berisi materi-materi terbaru untuk calon album kedua nanti.

Kabar mengenai peluncuran video klip juga datang dari Tahu Berontak dengan lagu berjudul “Egaliter”, Coldiac dengan “Wreck This Journal”, Atlesta dengan “Pure Fantasy”. Dan ada juga video klip terbaru dari proyek anyar Bagas Yudhiswa (Beeswax) bernama The Talkboy berjudul “No Blue”, juga dari Kos Atos yang berjudul “Hari Ini”. Semuanya sudah bisa kalian tonton melalui saluran Youtube mereka.

Video Klip Coldiac “Wreck This Journal”

Video Klip Kos Atos “Hari Ini”

 

Nama seperti Christabel Annora juga baru saja mengenalkan single terbaru versi raw berjudul “Hold On Sorrow”. Kami juga baru berkenalan dengan band-band anyar seperti unit slowcore, Samskrta, dengan single mereka yang berjudul “Tabun”.  Ada juga Noose, unit stoner rock dengan single-nya berjudul “Surreal Way Of Paradise”.

Christabel Annora “Hold on sorrow” (raw version)

Samskrta – Tabun (Official Music Video)

Kami menunggu kabar dari Pronks yang sepertinya sedang mencoba untuk meramu musiknya dengan aroma-aroma baru. Unit pop-punk pendatang baru, Us For One, juga memberi kami kabar jika mereka akan segera merampungkan mini album mereka, dengarkan dua single mereka lebih dulu. Apa kabar debut album Young Savages? Semoga lekas diluncurkan. Kami juga tidak sabar menanti kabar dari proyek sludge/doom, Gufo, mengenai albumnya.

Gufo “Owl”

Untuk update mengenai kabar acara di kota Malang silahkan ikuti siar kabar dari Koalisi Nada, Iheartgigs, Srawung Media, LYT, Solidrock, Cultus Zine, dan The Display. Sampai jumpa!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s